0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hangabehi Akan Rombak Keraton Besar-besaran

Pakubuwono XIII Hangabehi dan Patih Tedjowulan (dok.timlo.net/red/ist)

Solo —  Pembenahan struktur kelembagaan di dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat segera dilakukan. Sebelum hari Jumenengan PB XIII pada 15 Juni mendatang, rencananya PB XIII Hangabehi-KGPH Panembahan Agung Tedjowulan akan masuk ke dalam keraton. Dari sanalah, perombakan besar-besaran akan dimulai.

Juru bicara dwitunggal keraton, KRH Bambang Pradotonagoro menjelaskan, Sinuhun Hangabehi telah membuat rancangan struktur kelembagaan organisasi dalam keraton yang telah direformasi. “Langkah pertama yang akan dilakukan dengan membubarkan lembaga adat,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (5/6).

Setelah membubarkan lembaga adat, Hangabehi akan merombak seluruh komponen yang ada di dalam keraton. “Akan ada pengembangan sesuai dengan kebutuhan keraton,” tuturnya. Hal itu akan dilakukan setelah putra-putra PB XII dikumpulkan oleh PB XIII Hangabehi.

Hanya saja, Bambang masih merahasiakan kapan tepatnya waktu masuknya Hangabehi ke dalam keraton. “Ya kalau tidak pekan ini, awal pekan depan. Pokoknya sebelum tanggal 15 Juni,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge