0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semalam, Hangabehi-Tedjowulan Digerudug

KGPH Panembahan Agung Tedjowulan (kiri) dan PB XIII Hangabehi (kanan) saat berada di ruang makan lantai 2 hotel Grand Mahakam (foto eksklusif: KGPH. Suryo Wicaksono)

Solo — Konflik internal di dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat belum juga usai. Senin (4/6) malam, kerabat keraton yang antirekonsiliasi menggeruduk Hotel Grand Mahakam, Jakarta dimana kedua pimpinan dwitunggal keraton Paku Buwono (PB XIII) Hangabehi- KGPH Panembahan Agung Tedjowulan menginap.

Juru Bicara Dwitunggal keraton, KRH Pradotonagoro menjelaskan, kedatangan kerabat keraton yang notabene antirekonsiliasi tersebut begitu mendadak. “Mereka datang, akhirnya terjadi pertemuan ‘setengah kamar’ dengan sinuhun (PB XIII Hangabehi),” katanya kepada wartawan, Selasa (5/6).

Yang dimaksud pertemuan setengah kamar adalah pertemuan yang hanya melibatkan satu pihak saja. Dalam hal ini pihak kerabat yang antirekonsiliasi dengan pihak Hangabehi saja, tanpa melibatkan Tedjowulan.

Sejumlah kerabat yang mendatangi hotel tersebut, menurut Bambang, ada 5 orang, yang terdiri dari GKRAy Koes Moertiyah, GKRAy Koes Indriyah, GRAy Koes Isbandiyah, GKR Timoer Rumbai Kusuma Dewayani, serta KP Eddy Wirabhumi. Mereka melakukan pertemuan tertutup dengan Sinuhun Hangabehi di sebuah ruangan lantai 2 Hotel Grand Mahakam yang terletak di bilangan Blok M Jakarta Selatan.

“Terus terang dalam pertemuan tertutup itu kami tidak bisa mendengar pembicaraannya secara jelas, karena dibatasi dengan ruangan kaca,” tambahnya.

Saat kedua belah pihak menggelar pertemuan tersebut, Tedjowulan berada di luar ruangan kaca dan hanya menyaksikan kedua kubu bersitegang. Bambang mengakui, di dalam ruangan kaca itu sempat terjadi adu argumen antara Hangabehi dan pihak Gusti Moeng.

Setelah beberapa jam kedua belah pihak melakukan perundingan, akhirnya mereka keluar dari ruangan sekitar pukul 22.30 WIB. “Setelah mereka keluar dari ruangan, Edy Wirabhumi pamitan pada Gusti Tedjo (Tedjowulan –Red), dan mereka pulang,” tuturnya.

Pasca pertemuan tersebut, menurut Bambang, PB XIII Hangabehi akan masuk ke dalam keraton sebelum tanggal 15 Juni, dimana akan dilaksanakan Jumenengan PB XIII di dalam keraton. Setelah masuk ke dalam keraton nanti, PB XIII rencananya akan melakukan perubahan struktur kelembagaan di dalam keraton.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge