0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinilai Perhatian pada Budaya Jawa

Hercules Dapat Gelar Bangsawan

Hercules Rosario Marshal (dok.timlo.net/dhefi)

Solo —  Pemberian kekancingan atau gelar kebangsawanan yang dilakukan di Keraton Solo, di Sasono Badran, Kotabarat, Selasa (5/6) tidak hanya kepada kerabat keraton yang ada di Jawa saja. Namun, warga luar Jawa juga ada mendapat gelar tersebut. Seperti halnya dengan Hercules, tokoh ormas yang malang melintang di Ibukota Jakarta. Pria yang bernama lengkap Hercules Rosario Marshal tersebut dianugerahi gelar bangsawan KRH Yudhopranoto.

Ketika ditanya wartawan usai mendapatkan gelar tersebut, Hercules merasa sangat bangga. “Saya merasa bangga bisa diundang oleh sesepuh Tedjowulan. Sangat senang bisa diundang dan mendapat gelar Jawa,” tuturnya kepada wartawan dengan logat khasnya. Hercules datang dengan menggunakan pakaian adat Jawa lengkap, berupa beskap warna hitam dan kain jarik warna coklat.

Ia bercerita, kedekatannya dengan KGPH Panembahan Agung Tedjowulan bermula saat Tedjowulan yang juga bertugas sebagai perwira TNI, pada saat itu ditugaskan di Timor Timur (sekarang Timor Leste –Red). Saat bertugas di tanah kelahiran Hercules itulah, terjalin hubungan baik antara keduanya. Demikian juga saat keduanya juga bertemu di Ibukota.

Cerita serupa juga diungkapkan  salah seorang kerabat dekat keraton, KRHT Sumodiningrat Agus Irianto. Menurutnya, pemberian gelar bangsawan kepada Hercules merupakan langkah apresiatif dari pihak keraton kepadanya yang telah memberikan perhatian kepada budaya Jawa. “Beliau sering melakukan ritual Jawa. Ia juga sering melakukan ziarah ke makam raja Jawa,” tuturnya.

Pendapat lainnya disampaikan langsung Plh Keraton Badran, KPH Adipati Sosronagoro. Secara terang-terangan ia memberikan acungan jempol kepada Hercules. “Jarang orang luar Jawa mau nguri-uri budaya Jawa. Kita lihat, beliau ke sini pakai pakaian adat Jawa, bahkan beliau juga telah belajar untuk mendalami bahasa Jawa,” jelasnya. KPH Adipati Sosronagoro juga mengapresiasi kemauan Hercules untuk lebih mendalami budaya Jawa.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge