0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Sasono Badran, Kotabarat

Keraton Solo Beri Kekancingan Gelar Bangsawan

KPH Adipati Sosronagoro (timlo.net - dhefi)

Solo —  Sekitar 200 orang yang berjasa kepada Keraton Solo pada saat pemerintahan PB XIII Tedjowulan mendapatkan kekancingan atau pemberian sertifikat gelar kebangsawanan. Pemberian kekancingan yang dilakukan di Sasono Badran, kawasan Kotabarat, Kecamatan Banjarsari merupakan pemberian sertifikat yang tertunda, yang terjadi pada saat PB XIII Tedjowulan belum berekonsiliasi dengan PB XIII Hangabehi. Kekancingan diberikan karena pada saat pemberian gelar oleh Tedjowulan beberapa waktu silam mereka tidak bisa hadir, dan baru ada kesempatan hadir untuk saat ini.

Plh Keraton Badran, KPH Adipati Sosronagoro menjelaskan, dalam kesempatan tersebut ada dua acara yang digelar, yakni wilujengan dan kekancingan gelar. “Wilujengan, sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas berhasilnya rekonsiliasi keraton. Wilujengan dilakukan dengan memanjatkan doa-doa secara Islam,” katanya kepada wartawan, Selasa (5/6).

Sementara, untuk pemberian kekancingan gelar kebangsawanan baru bisa dilakukan sekarang kepada penerima gelar yang tidak bisa hadir pada saat jumenengan PB XIII Tedjowulan terdahulu. “Sinuhun sudah terlanjur menjanjikan memberikan gelar. Pemberian kekancingan sendiri direncanakan sudah sejak lama, namun dulu tidak bisa hadir,” tambahnya.

Pemberian kekancingan sendiri dilakukan dengan memberikan sertifikat kepada penerima gelar. Posisinya sendiri beragam, mulai dari Mantri, Penewu dan masih banyak lainnya. Tujuan pemberian gelar tersebut adalah untuk merangkul abdi dalem agar bisa mengembangkan budaya Jawa. Gelar yang diberikan juga tidak hanya kepada orang Jawa saja, namun ada beberapa kalangan yang berasal dari luar Jawa.

Ia menuturkan, pemberian gelar kebangsawanan tersebut atas persetujuan PB XIII Hangabehi. Namun demikian, saat ini posisi Hangabehi dan Tedjowulan tidak berada di tempat. “Beliau berdua masih di Jakarta,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge