0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Program Hemat BBM Bersubsidi

21 SPBU di Klaten Siap Layani Pertamax Mobdin

Konsumsi Pertamax meningkat (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Sebanyak 21 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Klaten telah siap melayani pembelian Pertamax. Upaya ini sebagai persiapan menghadapi program penghematan BBM bersubsidi.

“SPBU di Klaten sudah siap bila semua kendaraan dinas di wilayah ini menggunakan Pertamax,” ujar Wakil Ketua Hiswana Migas Surakarta, B Sulistyo W kepada wartawan, Selasa (5/6).

Sulistyo menjelaskan, dari 24 SPBU yang ada di Klaten, 21 di antaranya menyediakan Pertamax, 2 SPBU menyediakan Pertamax Plus dan 4 SPBU lainnya menjual solar Pertamina Dex. “Tiap SPBU mampu menyediakan Pertamax 15.000 liter perhari,” jelasnya.

Terspisah, Kepala Bidang Aset Daerah Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Hari Mursito mengatakan, program penghematan energi harus didukung karena itu kebijakan pemerintah pusat.

“Pada prinsipnya, Pemkab Klaten tak keberatan bila operasional kendaraan dinas memakai BBM nonsubsidi. Hanya saja kami masih menunggu turunnya petunjuk teknis (juknis) soal larangan menggunakan BBM bersubsidi untuk kendaraan dinas,” jelas Hari Mursito.

Data di Bidang Aset menyebutkan, Pemkab Klaten mempunyai 3.215 kendaraan dinas, yang terdiri atas 2.844 unit kendaraan roda dua, 313 unit kendaraan roda empat, 49 unit kendaraan roda enam atau lebih seperti truk, bus dan 9 kendaraan roda tiga.

Dimana dalam pengelolaan kendaraan tersebut dipegang langsung oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Sebenarnya selama ini sudah ada pengguna kendaraan dinas di Klaten yang menggunakan Pertamax atau Pertamax campur premium,” imbuh Hari Mursito.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge