0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Biaya Makan Hewan Rp 7 Juta/Bulan

Tarif Masuk Taman Reptil Solo Masih Sukarela

Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kotabarat Solo berkunjung ke Taman Reptil, Balekambang. (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — UPTD Taman Balekambang terus melakukan pembahasan MoU (nota kesepahaman) pengelolaan Taman Reptil. Penyusunan MoU ini sudah mulai sejak September 2011. Hal ini mendesak diselesaikan guna memperjelas hak dan kewajiban semua pihak yang berkepentingan.

Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, mengatakan penyusunan MoU melibatkan berbagai pihak sehingga membutuhkan waktu yang lama. “Tim yang dilibatkan dalam penyusunan MoU tersebut antara lain DPPKA, Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda, Bagian Hukum. Kan perlu proses surat menyurat dan sebagainya, sehingga perlu waktu lama,” ujar Endang saat ditemui wartawan sebelum mengikuti Raker di Gedung Dewan, Selasa (5/6).

Endang mengatakan, dengan adanya MoU nantinya akan jelas berapa tarif masuk Taman Reptil yang selama ini masih bersifat sukarela. Selain itu, berapa nilai sharing dengan Pemkot juga akan ditentukan dalam MoU. Termasuk juga status kepemilikan satwa reptil nanti apakah sewa atau dimiliki oleh Pemkot.

Selama ini, pengelolaan Taman Reptil seluas 1.853 m2 tersebut masih dikelola oleh Komunitas Taman Reptil sendiri sejumlah 5 orang. Hasil dari penarikan sumbangan sukarela yang dikelola murni digunakan untuk operasional Taman Reptil. Menurut Endang, untuk makanan hewan reptil saja menghabiskan Rp 6 juta – Rp 7 juta/ bulan.

 

Taman Reptil berawal banyaknya pecinta reptil/ komunitas yang banyak menyebar di jalan-jalan. Dari pada mereka di jalan kemudian dipikirkan untuk ditempatkan di suatu tempat yang kemudian akhirnya dipilih Balaikambang.

 

Anggota Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Umar Hasyim mengatakan Mou harus segera diselelesaikan, biar jelas hak dan kewajiban masing-masing pihak. “Hak dan kewajiban komunitas apa, UPTD apa sehingga semuanya jelas?,” ujar Umar.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge