0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD: Cegah Penyelewengan, Sekolah Cukup 1 Rekening

Abdul Ghofar Ismail (Dok.Timlo.net/daryono)

Solo — Komisi IV DPRD Kota Surakarta meminta Pemkot untuk bersikap tegas terhadap adanya rekening  ganda yang dimiliki sekolah. Adanya rekening ganda tersebut berpotensi terjadinya penyimpangan, karena selama ini hanya 1 rekening yang dilaporkan kepada Pemkot. Hal ini ditegaskan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Abdulah Ghofar saat ditemui Timlo.net di Gedung Dewan, Senin (4/6)

Mulai tahun ajaran 2012 ini, sesuai Permen No 60 tahun 2011, sekolah dilarang menarik pungutan dari siswa. Jika masih ada rekening yang tidak dilaporkan, menurut Ghofar, hal tersebut bisa menyebabkan adanya celah utuk melakukan penyimpangan keuangan sekolah.

“Dalam  audit BPK tahun 2011 kemarin ditemukan adanya rekening Komite Sekolah yang tidak dilaporkan. Yang dilaporkan hanya rekening sekolah dimana melalui rekening tersebut sekolah menerima dana APBD. Hal seperti ini tidak boleh lagi terjadi di tahun ini,” ujar Ghofar.

Jikalau masih ada rekening Komite Sekolah, Ghofar membolehkan dengan catatan harus dilaporkan kepada Pemkot. Dengan demikian keuangan sekolah pun menjadi transparan. Akan tetapi supaya keuangan sekolah terkontrol dengan baik, maka sebaiknya Pemkot hanya membuat kebijakan 1 rekening untuk setiap sekolah. Melalui 1 rekening nanti, keuangan sekolah akan dapat terpantau tanpa adanya potensi penyelewengan.

Selain itu, dengan adanya Permen No 60 tahun 2011 yang tidak memperbolehkan menarik iuran maka sekolah bisa menerima sumbangan. Sumbangan tersebut nantinya menjadi dana pendidikan yang harus dikontrol pemakaiannya. Dengan 1 rekening akan lebih mudah pengawasan aliran dana baik dana dari APBD maupun dana  dari sumbangan masyarakat tersebut.

” angan sampai ada sumbangan yang masuk ke sekolah tidak jelas penggunaanya dimana  sumbangan tersebut melalui rekening sekolah yang tidak dilaporkan kepada Pemkot,” tandas politisi PKS ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge