0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Khawatir Terjangkit Flu Burung

Warga Rame-rame Jual Ayam

Wahyu (berdiri), Kaur Keuangan dan Umum Desa Purwoharjo (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Masyarakat Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, Senin Wage (4/6) secara beramai-ramai menjual ayam peliharaan. Gara-garanya mereka khawatir ayam yang masih sehat  terjangkit flu burung.

Aksi jual ayam rame-rame ini sebagai buntut ditemukannya sekitar 40 ayam yang mati mendadak pada Sabtu (2/6). Meski keseluruhan ayam yang mati telah dimusnahkan, warga tetap khawatir akan ada jangkitan wabah, hingga diputuskan untuk menjual ayam ke Pasar Gading Desa Purwoharjo.

Kepala Urusan (Kaur) Umum dan Keuangan Desa Purwoharjo, Wahyu Wijayarto membenarkan adanya ayam yang mati pada Sabtu kemarin. Dan beruntung masyarakat telah sadar sehingga atas bangkai ayam itu segera diambil langkah pemusnahan dengan dibakar atau dikubur.

Disamping itu dihimbaukan pula untuk menyemprot kandang dengan air detergen dari sabun cuci. Hanya saja dirinya belum dapat memastikan apakah kejadian matinya puluhan ayam di desanya akibta flu burung atau sebab lain.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Kabupaten Wonogiri Gatot mewakili Kepala Dinas Rully Pramono mengatakan, sampel ayam yang mati telah diambil. “Dan hasilnya baru akan dapat dilihat beberapa hari lagi,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge