0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rental, Solusi Alternatif Mobdin Pemkot Solo

ilustrasi (timlo.net - dhefi)

Solo – Pemkot akan beralih menggunakan mobil rental untuk mobil operasional dinas (Mobdin). Hal itu seiring dengan rencana pemerintah pusat yang menginstruksikan penggunaan BBM non subsidi kepada semua kendaraan dinas di seluruh nusantara. Penggunaan mobil rental untuk operasional Pemkot dinilai lebih efektif dan efisien, lantaran saat ini banyak kendaraan operasional milik Pemkot yang “sudah berumur” dan akan berakibat kurang efektif jika menggunakan BBM non subsidi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budhi Suharto menjelaskan, penggunaan mobil rental adalah solusi yang paling tepat. “Sekiranya lebih condong pada pemakaian mobil rental,” kata Sekda kepada wartawan, Senin (4/6).

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, beberapa waktu kedepan pihaknya segera melakukan inventarisasi terhadap semua Mobdin milik Pemkot. “Akan dicek ke masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan inventarisasi. Akan ditinjau ke lokasi,” tegasnya.

Peninjauan tersebut akan menggunakan tolak ukur berdasarkan tahun pembuatan dan kondisi riil kendaraan dinas di masing-masing SKPD. Mengingat fakta yang terjadi di lapangan, ada sejumlah mobil dinas yang masih berusia muda namun kondisinya tidak terawat, demikian juga sebaliknya, ada sejumlah mobil dinas yang sudah berusia tua namun masih terawat.

Dengan melihat kondisi masing-masing Mobdin, bisa ditentukan mana kendaraan yang masih dipertahankan dan mana kendaraan yang dialihkan ke kendaraan rental. Hal itu berkaitan dengan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk operasional Mobdin yang bersangkutan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge