0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pansus Cagar Budaya Libatkan Berbagai Kalangan

Rapat Paripurna DPRD Kota Surakarta tentang 2 Raperda inisiatif yaitu Raperda Cagar Budaya dan Raperda Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Senin (7/5) di Graha Paripurna DPRD Surakarta. (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Panitia Khusus (Pansus) Cagar Budaya DPRD Kota Surakarta berencana untuk melibatkan berbagai kalangan untuk mendapatkan masukkan tentang cagar budaya sebelum dimulainya pembahasan Pansus untuk selanjutnya dibahas dengan eksekutif. Pihak-pihak yang akan dimintai masukan antaralain akademisi, pemerhati budaya, sejarawan dan juga Balai Peninggalan Pelestarian Purbakala (BP3) Jawa Tengah.

Anggota Pansus Cagar Budaya, Sony Warsito mengatakan pelibatan berbagai pihak tersebut untuk mendapatkan masukan dari masyarakat. “Khusus dengan BP3 Jawa Tengah akan kita undang untuk konsultasi, bukan kita libatkan dalam pembahasan, ” ujar Sony di Gedung DPRD Kota Solo, Senin (4/6).

Meskipun belum ada Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur cagar budaya, Raperda Cagar Budaya dirasa mendesak untuk segera ditetapkan menjadi Perda. “Desakan masyarakat begitu kuat, bahkan elemen masyarakat menyerahkan usulan draft Raperda Cagar Budaya. Hal tersebutlah yang mendorong DPRD untuk segera menetapkan Raperda Cagar Budaya meskipun belum ada PP yang mengaturnya,” ujar Sony.

Sony menambahkan, perkembangan Solo yang begitu pesat dengan hadirnya bangunan-bangunan modern dapat mengancam dan menggerus keberadaan bangunan cagar budaya jika tidak segera ada Perda yang mengaturnya. Meskipun belum ada PP, penyusunan Raperda Cagar Budaya akan mengacu pada UU no 11 tahun 2011 tentang Cagar Budaya.

Sementara Wakil Ketua Pansus Cagar Budaya, Asih Sunjoto mengatakan terkait belum adanya PP, Pansus DPRD bisa mengacu pada PP yang mengatur pelaksanaan UU No 5 tahun 1992 yang merupakan Undang-undang Cagar Budaya sebelumnya. “Sampai sekarang, PP tersebut belum dicabut, sehingga bisa dipakai sebagai konsideran dalam pembahasan Raperda Cagar Budaya,” pungkasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge