0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kios 6 Pasar Tidak Laku, DPP Solo Tak Capai Target

Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Surakarta, Subagyo (dok.timlo.net)

Solo — Rendahnya pencapaian target pendapatan Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Surakarta di tahun 2011 menjadi sorotan kalangan Dewan. Dari target pendapatan sebesar Rp 20,9 miliar, hanya tercapai Rp 13.390.000.000 atau sekitar 63,83 persen.

Anggota Komisi III DPRD Kota Surakarta Muhammad Amin mempertanyakan rendahnya capaian target tersebut. “Mengapa capaian target pendapatannya hanya 63,83 persen, sementara serapan belanjanya begitu besar mencapai 96,06 persen. Seharusnya dengan serapan belanja yang besar, realisasi pendapatannya juga besar,” ujar Amin saat Raker Komisi III dengan DPP Kota Surakarta, Senin (4/6) di Ruang Komisi III.

Sesuai data yang diberikan DPP, menurut Amin, dari anggaran belanja Rp 14,09 miliar terealisasi Rp 14,322 miliar atau sekitar 96,06 persen.

Menanggapi hal tersebut, Kepala DPP Kota Surakarta Subagiyo mengatakan, serapan belanja yang mencapai 96,06 persen karena berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang dimaksud antara lain pelayanan sarana dan prasarana, pelayanan petugas dan pelayanan kebutuhan pasar sendiri.

Subagiyo mengaku rendahnya capaian target pendapatan disebabkan tidak lakunya kios dan los di 6 pasar antara lain Pasar Sidodadi, Pasar Gading, Pasar Pucangsawit, Pasar Hardjodaksino, Pasar Kembang dan Pasar Legi. “Kios dan los di 6 pasar tersebut nilainya mencapai Rp 6 miliar sendiri,” ujar Subagiyo.

Menurut Subagiyo, kios dan los pasar tersebut letaknya di lantai 2 dan tempatnya kurang strategis. Selain itu nilai jualnya terlalu tinggi, sehingga masyarakat tidak mampu membeli.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, di tahun 2012 ini DPP mengaku terus memasarkan kios dan los tersebut serta meminta keringanan harga jual kios, tentunya dengan meminta SK Walikota. “Selain itu untuk pembangunan kios-kios di pasar yang sedang dibangun, jumlah kios disesuaikan dengan jumlah pedagang yang ada,” tanda Subagiyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge