0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Museum Karst Dunia Suguhkan Keindahan Daerah Gersang

MKD terlihat megah diantara deretan bukit karst di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Foto diambil Senin (4/6) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Seringkali diopinikan sebagai wilayah kering, Kabupaten Wonogiri justru membuktikan adanya potensi dibaliknya. Ya, di Wonogiri ada sebuah obyek wisata (obwis) yang menjual keindahan daerah kering.

Obwis yang dimaksud adalah Museum Karst Dunia (MKD) di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro. Sekitar 45 kilometer arah selatan Kota Wonogiri.

MKD secara fisik berujud bangunan unik berukuran superjumbo. Konstruksinya mirip tekstur Gunung Jungfrau di Negara Swiss. Dengan pelataran kokoh dan melebar, serta melancip dan megah pada ujungnya. MKD diresmikan oleh Presiden SBY pada 30 Juni 2009 lalu.

MKD menyuguhkan panorama khas daerah kering karst. Karst adalah Bahasa Jerman yang diadopsi dari bangsa Slovenia yang berarti lahan gersang berbatu. Sesuai dengan namanya maka pengunjung akan melihat langsung keindahan daerah gersang berbatu yang terhampar puluhan hektar. Dan di tengahnya berdiri megah MKD, sebagai simbolisasi karst.

Di dalam museum wisatawan disuguhi beragam informasi melalui saluran media interaktif berupa film, monitor sentuh terintegrasi, slide, gambar, diorama tentang karst dan asal-usulnya. Berbagai foto mengenai isi perut bumi dalam gua, batuan stalagmite-stalagtit, serta satwa dan manusia purba juga ditampilkan dalam MKD.

Seakan menambah eksotisme MKD, di bagian luar ternyata ada sejumlah gua yang mengelilinginya. Tercatat sebanyak 7 (tujuh) gua membentenginya. Ketujuh gua tersebut adalah  Gua Merico, Gua Sonyo Ruri, Gua Bunder, Gua Gilap, Gua Sodong, dan Gua Tembus.

“Eksotis Bli (Mas, Bahasa Bali –Red), ada gua-guanya, ada museumnya, dari luar begitu alami, tapi di dalamnya penuh balutan teknologi, sangat menarik,“ ujar Ni Putu Saraswati (24) pengunjung dari Pulau Dewata Bali, Senin (4/6).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge