0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lima Kecamatan Dilanda Kekeringan

79 Ribu Warga Klaten Mulai Kekurangan Air Bersih

Pemkab Klaten menyiapkan delapan mobil tangki untuk mengatasi kekeringan di wilayah ini (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Sebanyak 79.295 jiwa warga di lima kecamatan Kabupaten Klaten mulai kekurangan pasokan air bersih menyusul musim kemarau saat ini.

“Ada sebanyak 30 desa di lima kecamatan yang kini mulai dilanda kekeringan. Lima kecamatan itu di antaranya, Kecamatan Kemalang, Karangnongko, Manisrenggo, Tulung dan Jatinom,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Joko Rukminto, Senin (4/6).

Ia menjelaskan, kekurangan air bersih saat ini mengancam 79.295 jiwa di wilayah itu. Untuk memenuhi kebutuhan air, warga selama ini hanya mengandalkan dari bantuan sosial.

“Dari 30 desa di lima kecamatan itu, kondisi kekeringan yang cukup parah terjadi di 13 desa di Kecamatan Kemalang,” jelas Joko.

Joko menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, BPBD Klaten telah melakukan persiapan droping air ke di daerah rawan kekeringan tersebut.

“Kami sedang mempersiapkan pengiriman bantuan air bersih. Untuk droping air bersih di lima kecamatan itu disiapkan delapan mobil tangki,” jelas Joko.

Sementara itu, puncak kekeringan di wilayah Kabupaten Klaten sendiri baru akan terasa pada September mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge