0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekspresi Cat Air Para Perupa Asia di Balai Soedjatmoko

Nonton lukisan cat air di balai Soedjatmoko, Sabtu (2/6). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Pembukaan pameran Asian Watercolour Expression di Balai Soedjatmoko, Sabtu (2/6) berlangsung meriah. Di pameran tersebut dipajang lukisan dari berbagai negara di Asia. Total lukisan yang dipamerkan  mencapai 139 lukisan.

Seni dengan menggunakan cat air ini telah dikenal sejak 3000 tahun yang lalu. “Hal ini diperkuat dengan temuan lukisan-lukisan yang ditorehkan di kuburan-kuburan Mesir tempat para Fir’aun disemayamkan,” ungkap Iwan Sulistyo selaku Ketua Indonesia Watercolour Society (IWS), saat ditemui wartawan selepas acara pembukaan.

Pameran ini diselenggarakan bergilir di tiap negara Asia dan sudah berlangsung selama 20 tahun sejak diadakan tahun 1993. Pemilihan cat air sebagai media melukis. “Dipilih karena bisa mengimajinatif melalui laju cat air tersebut sehingga membutuhkan emosi dan kreasi dari sang pelukis,” ujarnya.

Dia juga mengatakan karya dengan media cat air di Indonesia harus terus dikembangkan. Sehingga diharapkan pameran-pameran semacam ini perlu ditingkatkan untuk memotivasi seniman-seniman seni rupa lainnya. “Di Indonesia masih jarang pameran cat air, maka diharapkan pameran semacam ini perlu ditingkatkan,” imbuhnya.

Pembukaan pameran di Balai Soedjatmoko tersebut dihadiri oleh seniman dari negara-negara Asia, d iantaranya Cina, Singapura, Malaysia, Thailand dan Korea. Karya-karya lukisan itu akan dipamerkan selama sepekan dari tanggal 2-9 Juni 2012.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge