0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Unik, Ayam Berkaki 4 Jadi Tontonan Warga

Ayam berkaki empat milik peternak ayam asal Desa Bolali, Wonosari, Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Ayam yang memiliki empat kaki milik warga Desa Bolali, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten menjadi tontonan warga. Ayam itu merupakan hasil silangan ayam harko dengan pejantan bangkok.

Pasri Widodo (30), pemilik ayam berkaki empat, menuturkan, ayam unik itu merupakan hasil silangan dari ayam harko dengan pejantan bangkok, yang diberi nama ayam jantan jawa super.

“Saat ini usia ayam jawa super sudah satu bulan dan masih dalam kondisi sehat,” tuturnya, Senin (4/6).

Pasri menjelaskan, dirinya tidak mengira sebelumnya jika hasil silangan ini akan mengeluarkan ayam berkaki empat. Saat di dalam mesin penetas, begitu pecah telur, ia kaget karena di antara anak-anak ayam itu ada yang berkaki empat.

“Saya berpikir, anakan ayam biasanya tidak akan bertahan lama usianya. Karena dulu juga mendapati anakan ayam berkaki satu, tapi baru beberapa hari sudah mati dengan kondisi yang lemah. Namun berbeda dengan ayam jantan jawa super ini yang hingga satu bulan ini dalam kondisi sehat,” jelasnya.

Sudah enam tahun ini, Pasri Widodo beternak ayam dengan berbagai model. Ia sengaja mengawin silangkan ayam yang tidak semestinya. Ia mengqku akan memelihara sendiri ayam berkaki empat tersebut. Namun jika ada yang berminat akan dilepaskan.

“Apabila ada orang yang mau membeli karena keunikannya tidak masalah, asal harganya cocok. Tapi jika tidak ada, akan saya pelihara sendiri,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge