0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Untuk Memperlancar Pembangunan Pasar Depok

Tembok Balekambang Dijebol, Awas Satwa Lepas!

Proyek pembangunan Pasar Depok (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pembangunan Pasar Depok, Solo terus dikebut untuk memenuhi target. Demi kelancaran proyek tersebut, atas ijin dari dinas terkait, pihak pengembang membuka akses baru dengan menjebol tembok pagar timur Taman Balekambang. Pembukaan akses tersebut dilakukan lantaran tidak mungkin untuk kendaraan proyek mengakses melalui jalur sebelah selatan (akses utama Pasar Depok). Hal ini dikarenakan jalur tersebut saat ini telah digunakan sebagai pasar darurat.

Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati membenarkan adanya pembukaan akses proyek di dalam Taman Balekambang yang berada di kompleks outbond di sebelah timur taman. Hal ini dilakukan demi kelancaran proyek, yakni sebagai lalulintas transportasi proyek.

“Kami sebelumnya telah diajak berunding dengan pihak kontraktor dan dinas terkait. Semuanya dilakukan untuk kelancaran proyek pembangunan pasar Depok yang letaknya persis berdampingan dengan taman,” ungkap Endang Sri Murniatisaat ditemui di kantornya, Senin (4/6).

Meskipun begitu, pihaknya meminta pihak kontraktor untuk membuat pintu gerbang yang berguna sebagai ganti tembok yang dijebol itu. Hal ini bertujuan untuk menjaga aset satwa yang berada di dalam taman. Mengingat beberapa satwa yang hidup di dalam taman dibiarkan berkeliaran di dalam area taman.

“Demi kelancaran proyek, kami tidak akan mempermasalahkannya. Hanya kami meminta pihak kontraktor untuk membuat pintu gerbang darurat sebagai pengganti tembok yang dijebol. Karena ditakutkan nanti ada satwa yang lepas, terutama rusa yang sering berkeliaran di dalam taman,” pintanya.

Selain adanya pintu pengaman, pihaknya juga meminta kerjasama kepada pihak kontraktor untuk ikut agar tidak ada satwa yang lepas keluar taman melalui pintu darurat yang berada tidak jauh dari kandang rusa. Hal ini dilakukan dengan cara selalu menutup pintunya.

“Kami sudah diskusikan masalah tersebut dengan pihak kontraktor dan mereka menyetujuinya, yakni dengan cara menutup kembali pintu darurat tiap kali keluar masuk kendaraan proyek,” kata Endang lagi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge