0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen

Jumlah Siswa 53, Tidak Lulus 20

Para siswa SMP ketika menunggu detik-detik pengumuman hasil UN. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP tahun 2012 di Kabupaten Sragen bisa jadi terburuk bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dari 13.626 peserta UN, yang dinyatakan tidak lulus adalah 205. Ketua Panitia UN Kabupaten Sragen 2012, Suwardi, mengatakan, penyebab besarnya angka siswa yang tidak lulus itu kemungkinan adalah bobot soal UN yang semakin berat dibandingkan tahun-tahun sebelum.

“Jadi mungkin memang faktor soal UN tahun ini dirasa lebih sulit ketimbang tahun lalu dan kemampuan anak pun berpengaruh,” katanya, Sabtu (2/6).

Sementara itu dari pantauan di SMP PGRI 2 Karangmalang, dari jumlah siswa sebanyak 53 orang, yang tidak lulus UN adalah sebanyak 20 siswa. Hal ini diakui Kepala SMP PGRI 2 Karangmalang, Sutopo. Penyebab ketidaklulusan siswanya antara lain disebabkan oleh bobot soal UN SMP/MTs tahun ini dirasa lebih sulit ketimbang tahun-tahun sebelum.

“Rata-rata nilai anak-anak itu jelek pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Saya akui tingkat kesulitan soal lebih tinggi dibanding tahun lalu.” ujar Sutopo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge