0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berdasar Hasil Nilai UN

Persaingan Sekolah di Wonogiri Makin Ketat

Pak BES, Mantan Kadisdik Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Bambang Eko Sarwono menyebut dunia pendidikan di Kota Gaplek saat ini penuh dengan dinamika. Terlihat dari adanya tren perubahan posisi peringkat sekolah dan peraih nilai tertinggi UN yang bukan didominasi satu sekolah.

Pernyataan Pak BES –sapaan akrab Bambang Eko Sarwono–  terlontar menanggapi pergeseran ranking SMP/MTs dalam UN tahun 2012 ini. “Berarti ada dinamika, yang menunjukkan persaingan antar sekolah semakin ketat, ini tentu saja merupakan atmosfer yang baik bagi dunia pendidikan Wonogiri, “ ujarnya, Minggu (3/6).

Dinamika tersebut juga tampak pada peraih nilai tertinggi UN. Tahun-tahun sebelumnya siswa yang mendapatkan nilai UN murni tertinggi dipastikan berasal dari SMPN 1 Wonogiri. Namun 2012 ini berhasil dipatahkan dengan munculnya murid SMPN 2 Wonogiri selaku yang terbaik.

“Membuktikan pula adanya greget dari sekolah, ada motivasi untuk maju dan memperbaiki diri, terlihat pada rangking sekolah, dimana ada sekolah swasta yang notabene masih berusia relatif muda namun berhasil meraih posisi kedua tingkat kabupaten,“ papar mantan Kabag Humas Setda ini.

Sekolah yang dimaksud adalah SMP Nawa Kartika Selogiri. Sebuah satuan pendidikan baru yang berada di bawah naungan pondok pesantren (ponpes) Mambaul Ulum asuhan Gus Fuf (kiai muda Wonogiri).

Pengamat pendidikan Wiwik Budi P menyoroti keberhasilan sekolah swasta merangsek ke dalam daftar 10 besar kabupaten. Menurutnya ini sebagai pembuktian bahwa sekolah swasta tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Dan dimungkinkan di tahun selanjutnya tren ini bakal terus berlanjut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge