0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

“Jeruk Bali” akan dibalas “Jeruk Purut”

PB XIII Hangabehi dan KGPH Panembahan Agung Tedjowulan bersama istri. Foto diambil saat mereka berada di gedung DPR RI. (foto: KRH. Pradotonagoro)

Solo – Jumenengan Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi tetap dilaksanakan pada 15 Juni mendatang. Sebelumnya, Hangabehi-Tedjowulan akan berupaya masuk ke dalam keraton. Pada saat prosesi masuk kembali ke dalam keraton inilah, ada hal unik yang akan dilakukan oleh Hangabehi.

Beberapa hari lalu Hangabehi mendapatkan “kiriman” dari kerabat keraton yang tidak menginginkan adanya rekonsiliasi, berupa Jeruk Bali yang didalamnya ada kolang-kaling. Makna yang terkandung dalam bingkisan itu, Hangabehi diharapkan kembali pulang dan cepat eling karena selama ini dirinya dianggap telah melenceng dari aturan adat. Hanya saja, kalangan kerabat tersebut hanya menginginkan kehadiran Hangabehi saja tanpa mengharapkan kehadiran Tedjowulan.

Sementara, pihak Hangabehi-Tedjowulan sendiri akan “membalas” bingkisan tersebut pada saat kembali ke dalam keraton nanti. Seperti yang dikatakan oleh kerabat keraton pro-rekonsiliasi, KGPH Suryo wicaksono, Sinuhun Hangabehi nanti akan membawakan Jeruk Purut pada abdi dalem saat masuk ke dalam keraton nantinya.

“Maknanya, agar abdi dalem bisa nurut sama ratunya, jangan nurut sama dhemit,” katanya pada wartawan, Sabtu (2/6). Rupanya, ungkapan tersebut ia lontarkan pada kerabat lainnya yang menolak upaya rekonsiliasi Hangabehi-Tedjowulan.

Tak hanya itu, dirinya juga sangat menyayangkan sejumlah anggota Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa) yang membelot ke pihak anti rekonsiliasi. Menurutnya, Pakasa sebagai paguyuban abdi dalem harus mendukung kebijakan rajanya. “Pakasa harusnya mengikuti kehendak kebijakan rajanya, jangan mengikuti yang lain,” terangnya.

Dengan diberikannya jeruk purut nanti, diharapkan semua abdi dalem dan pengikut keraton bisa tunduk dalam kebijakan PB XIII. Hanya saja, Suryo belum bisa memastikan kapan waktu tepatnya Hangabehi-Tedjowulan kembali ke dalam keraton sebelum acara jumenengan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge