0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sejumlah Guru SMP Solo Bakal Diroling ke SD

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Sulardi (dok.timlo.net)

Solo — Kabid PTK Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Surakarta Sulardi mengungkapkan, untuk mengisi kekosongan guru di sejumlah sekolah dasar (SD) di Kota Solo, pihaknya akan memanfaatkan kelebihan jumlah guru SMP.

“Ini baru mengkondisikan agar para guru SMP, khususnya yang lulusan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) bisa mengajar di SD yang membutuhkan guru. Lulusan SPG apa bisa diroling ke SD. Itu wacana, bisa saja guru SMP yang berlebihan nantinya bisa saja mengajar di SD sebagai guru kelas,” tandasnya.

Menurutnya, hal ini untuk mengisi kekosongan guru SD. “Bisa jadi diambil dari semua lulusan dan tak cuma yang SPG. Ini bisa saja diperuntukkan semuanya. Kalau dilihat kompetensi secara umum bisa saja, tidak masalah. Kalau guru yang sesuai sertifikasinya ya S1 pendidikan dan biasanya bisa mendapatkan kompetensi. Kalau S1 pendidikan itu sama-sama mendapat ilmu pendidikan dan keguruan, karena kompetensi secara umum itu sama. S1 dalam pendidikan itu sama-sama mendapat ilmu pendidikan, ilmu mengajar,” paparnya.

Nanti ada kriteria-kriteria ke sana, antara lain penilaian kinerja, yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi dan lain-lain. Para pengawas SMP, SMA sudah menyampaikan format penilaian kerja guru. “Dalam rangka penataan tentunya semua guru harus siaplah hendaknya. Kalau kita penataan, penilaian kinerja dalam melakukan kriteria-kriteria itu. Nah pengawas sudah menyampaikan ke sekolah, dan direkap oleh pengawas,” tutupnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge