0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berbagi Bersama Tentang Kanker Serviks

Kelas Berbagi tentang Kanker Serviks di Kampung Batik Kauman, Jumat (1/6). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Tahukah Anda tentang kanker serviks? Kanker serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim.

Noko Alee, selaku pembicara dalam Kelas Akademi Berbagi Solo ke 29 bertajuk “Bahaya Kanker Serviks” di Batik Kauman, Jumat (1/6) mengatakan, pada dasarnya laki-laki dan perempuan membawa virus HPV (Human Papilloma Virus),  penyebab kanker serviks. Tetapi dalam tubuh laki-laki, virus ini tidak bisa berkembang. Berbeda dengan kaum hawa, virus ini menyerang ke daerah leher rahim. “Virus HPV inilah yang menyebabkan kanker eerviks,” ungkapnya.

Virus HPV ini, menurut Noko, memiliki ratusan tipe, di antaranya banyak yang tidak berbahaya. Tetapi untuk jenis Virus tipe 16 dan 18 inilah yang menyebabkan kanker serviks, bahkan fatal akibatnya. “Tipe virus 16 dan 18 merupakan virus yang bersifat onkogenik (penyebab kanker serviks),” ujarnya.

Lelaki yang aktif dalam SPEK-HAM ini juga mengatakan apabila timbul indikasi di antaranya keputihan yang tidak wajar, menstruasi yang titak sesuai pada waktunya, maka segera periksakan keluhan tersebut ke Puskesmas atau klinik terdekat. Dikhawatirkan hal tersebut gejala awal dari kanker serviks.

“Apabila ada kejanggalan-kejanggalan pada organ vital segera diperiksakan ke klinik atau Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Dia berharap melalui seminar-seminar yang diadakan seperti ini bisa menambah pengetahuan para wanita muda agar selalu waspada terhadap penyakit kanker serviks. Selain itu diperlukan juga perhatian pemerintah agar ikut serta dalam program pencegahan kanker serviks.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge