0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

50 Imigran Iran Nginap di Sukoharjo, 22 Diamankan, 28 Kabur

Sejumlah Imigran Asal Iran Yang Menginap di Hotel Istana Hapsari Saat Akan di Bawa ke Kentor Imigrasi Solo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo – Sebanyak 22 orang pencari suaka asal Iran berhasil diamankan aparat Kepolisian Resor Sukoharjo di Hotel Istana Hapsari, Bulakrejo, Sukoharjo, Jumat (1/5). Ke 22 imigran tersebut kemudian dibawa ke Kantor Imigrasi Solo dan akan diserahkan kepada International Organization for Migration (IOM).

Informasi yang berhasil di himpun Timlo.net, sebelumnya ada sekitar 50 orang pencari suaka asal Iran yang menginap di Hotel Istana Hapsari, sejak Kamis (31/5) malam. Namun menjelang pagi, sebagian dari imigran tersebut berhasil melarikan diri dengan melompat dari lantai 2, dan kini masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Novie Zaldy, Kasubsi Pengawasan Kantor Imigrasi Solo mengatakan, dari pengakuan para imigran, mereka dalam perjalanan menuju Australia. Diduga mereka menghindar dari situasi di negaranya yang tidak kondusif.

“Kita bawa ke Kantor Imigrasi sebanyak 22 orang ini. Sejauh ini, dokumen mereka mulai dari paspor dan visa kedatangan lengkap. Nantinya kita serahkan ke IOM,” ujar Novie Zaldy ketika menjemput 22 imigran asal Iran tersebut di Hotel Istana Hapsari.

Sementara itu Executive Manager Hotel Istana Hapsari, Katarina Yuliana menjelaskan, rombongan warga asing tersebut datang ke Istana Hapsari sejak Kamis (31/5) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Awalnya datang sekitar 12 orang, kemudian disusul dengan jumlah warga asing yang lebih banyak.

“Tadi malam seluruhnya sekitar 50 an orang. Kamar yang disewa ada 12 kamar. Datangnya sekitar jam sebelas malam, tapi tadi pagi (Jumat pagi) sudah ada yang pergi belum konfirmasi,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge