0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua PDIP: Pancasila Telah Dipisahkan dari Penggalinya

Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila ke-67 dan Bulan Bung Karno di halaman DPC PDIP Wonogiri Jum'at (1/6) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Gotong-royong secara prinsip merupakan intisari dari Pancasila. Sehingga jika Pancasila akan dipegang teguh menjadi ideologi bangsa, maka jangan pernah lelah untuk berpikir dan bertindak secara gotong-royong.

Demikian pidato sambutan yang dibacakan Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo dalam upacara bendera menyambut Hari Lahirnya Pancasila ke-67 di halaman Kantor DPC PDIP Wonogiri, Bulusulur, Wonogiri Kota, Jumat (1/6).

“Jadikan gotong-royong menjadi cara pikirmu, menjadi cara tuturmu, dan menjadi cara kerjamu dimanapun dan kapanpun. Sebab dengan itu Pancasila akan menjadi ideologi dinamis yang hidup dan berdialektika di tengah-tengah bangsa yang bhineka in,“ tandas Jekek –-panggilan akrab Joko Sutopo.

Cara tutur, cara pikir, dan cara kerja ini akan dapat berjalan selaras seandainya ada upaya untuk menyinergikannya. “Jangan pernah biarkan tindakan mengkhianati ucapan, jangan pernah biarkan ucapan mengkhianati pikiran, dan jangan biarkan pikiran mengkhianati hati nuranimu. Jika semua dilaksanakan maka Pancasila akan menampakkan kewibawaannya,“ ujarnya.

Menurut Jekek, konsisten dalam menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa sangat penting. Pasalnya dalam beberapa dekade telah terjadi perongrongan terhadap Pancasila. “Kita telah menyaksikan Pancasila telah dipisahkan dari keterkaitannya dengan penggalinya, dikaburkan pengertiannya, diselewengkan, dan akhirnya secara perlahan ditinggalkan dalam praktiknya. Maka upaya memegang prinsip gotong-royong tadi wajib terus kita gelorakan,“ terangnya.

Dalam acara yang juga merupakan rangkaian memperingati Bulan Bung Karno (Bulan Juni) tersebut dihadiri seluruh perwakilan pengurus PAC (Pengurus Anak Cabang) partai moncong putih Wonogiri, segenap anggota DPRD dari PDIP, dan anggota Satgas, serta relawan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge