0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sambut Hari Jadi Ke-271

Pemkab Wonogiri Gelar Festival Karawitan

Salah satu penampil dalam Festival Karawitan menyambut Hari Jadi ke-271 Kabupaten Wonogiri Kamis (10/5) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Setidaknya 16 grup kesenian karawitan se-Kabupaten Wonogiri, Kamis (10/5), mengikuti Festival Karawitan yang dihelat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Festival yang digagas Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) tersebut disajikan dalam menyambut Hari Jadi ke-271 Kabupaten Wonogiri.

Setiap penampil dalam festival itu diwajibkan membawakan tiga jenis gendhing. Di antaranya Gendhing Logondhang Kethuk 2 Kerep dilanjutkan Srepeg, Gendhing Bandhilori Kethuk 2 beserta Srepeg Palaran. Dan terakhir Ketawang Lagu Dempel Kethuk 2 diikuti Ladrang Clunthang.

Kepala Disbudparpora Wonogiri, Pranoto mengatakan penjurian dilakukan tim dari ISI Surakarta dan RRI Surakarta. “Kriterianya Leres, Garap, dan Rempeg (Benar, Penampilan dan Kesesuaian),“ ujarnya.

Dari keseluruhan penampil, lanjut Pranoto, nantinya akan diambil 6 grup karawitan dengan penampilan terbaik. Tanpa jenjang sebagaimana perlombaan pada umumnya.

“Keenam penampil terbaik nanti mendapat trophy, piagam penghargaan dari Bupati Wonogiri, dan uang pembinaan dengan total Rp 4.500.000,“ tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge