0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Biaya Pembuatan KTP Akan Naik

- Timlo.net
timlo.net - dhefi

timlo.net - dhefi

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kota Solo, Untara

Solo – Pemkot tengah menyiapkan paraturan terhadap pungutan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) baru. Dalam peraturan sebelumnya, yang mengacu pada Perda Adminduk tahun 2009, besaran pungutan pembuatan KTP sebesar Rp. 5000. Dalam peraturan yang baru, sesuai dengan Perda no. 9/2011 tentang retribusi, biaya pembuatan KTP baru nantinya diperkirakan menjadi Rp. 40.000 per pemohon.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kota Solo Untara mengatakan, pihaknya saat ini sedang menggodog teknis Perda tersebut. Sesuai dengan aturan yang baru, mulai per tanggal 1 Mei mendatang, pembuatan KTP secara elektronik (e-KTP) secara cuma-cuma tidak diberlakukan kembali.

“Usai tanggal tersebut, pemohon e-KTP akan ditarik pungutan,” terang Untara kepada wartawan, Rabu (21/3).

Saat ini, Pemkot tengah menyiapkan revisi aturan pungutan pembuatan e-KTP tersebut. Pemkot juga akan meminta pada Pemerintah Pusat untuk mendistribusikan hasil rekam data berupa kartu KTP elektronik. Adapun berita acara penyelesaian program e-KTP akan diserahkan pada Pemerintah Pusat pada 31 Maret mendatang. Sedangkan pembuatan e-KTP secara massal tetap berlaku hingga 30 April mendatang.

Sampai dengan pertengahan bulan ini, target rekam data pembuatan e-KTP di kota Solo sudah terserap sampai dengan 98,24 % dari total 350.000 wajib KTP yang ada. Setelah e-KTP jadi, Dispendukcapil akan menarik KTP lama yang dilakukan pada saat pembagian e-KTP.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS