0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Partisipasi Pria Kota Susu Ikut KB Sangat Rendah

Boyolali – Partisipasi pria di Kota Susu Boyolali dalam mengikuti program Keluarga Berencana Medis Operative Pria (KB MOP)sangat rendah. “Angka partisipasi pria mengikuti KB MOP hanya 0,30%,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Boyolali, Drs Budi Basuki, Selasa (13/3).

Rendahnya partisipasi KB melalui Program MOP ini karena ada indikasi kekhawatiran jika mengikuti KB dengan MOP akan mengurangi kejantanan pria. Padahal Program KB secara MOP tidak mengurangi kejantanan kaum pria. “KB MOP ini sama sekali tidak akan berpengaruh pada kejantanan kaum pria,” tandas Budi Basuki.

Diakui, pemahaman yang keliru tersebut sudah mendarah daging di kalangan kaum pria sehingga sulit dihapuskan. Untuk itu pihaknya akan melakukan sosialisasi yang optimal tentang program KB MOP. Pihaknya berharap ke depanya partisipasi kaum pria mengikuti KB MOP bisa meningkat.

Kondisi berbeda pada angka partisipasi KB untuk kaum hawa (perempuan) yang sudah masuk kategori Pasangan Usia Subur (PUS) di Boyolali cukup tinggi, yakni sebesar 82,56 %. Dari  PUS di Boyolali sebanyak 178.558 yang mengikuti Program KB sebanyak 147.420 orang. (byl)

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS