0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Tips Merawat Pit Kebo

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/ Mala

Dok.Timlo.net/ Mala

Pit kebo, atau pit onthel, sepeda onthel milik Aji

Solo — Meskipun sudah tidak lagi jadi model, tapi sepeda kumbang atau pit onthel masih banyak digemari. Baik sebagai koleksi maupun menjadikannya sebagai alat transportasi. Di Solo sepeda onthel lawas sering disebut pit kebo, kalau di Jogja sering disebut pit unta.

Karena usianya yang sudah mendekati uzur, sepeda ini harus dirawat secara khusus. Maklum saja, ibarat manusia, sepeda ini bisa jadi sudah berada di masa lansia alias lanjut usia. Sering rewel, bahkan harus dirawat secara ekstra.

Salah satu anggota komunitas Sepeda Onthel Lawas Solo, Aji mengatakan dengan merawat secara ekstra, sepeda tua tersebut bisa dikatakan bisa tua-tua keladi, makin tua tapi makin menjadi-jadi. Jadi bisa dipakai keliling, bahkan touring ke mana-mana yang diadakan oleh komunitasnya.

Nah, untuk menjadikan sepeda ini makin oke, berikut tips merawat pit kebo dari Aji:

- Pertama, gunakan kain halus untuk mengolesi seluruh bodi sepeda dengan minyak kelapa.

- Kedua, oleskan pula oli secara rutin pada rantai sepeda.

- Ketiga, cek baut-baut di onthel, jangan sampai kendur. Kalau kendur, salah-salah komponen lainnya bisa ucul alias lepas.

- Keempat, perhatikan pula tekanan udara pada roda. Tekanan udara yang terlalu banyak bisa mengakibatkan getaran-getaran kuat jika berjalan di jalan yang tidak rata, akibatnya baut-baut bisa kendur.

- Kelima, pergi ke bengkel sepeda untuk mengganti rantai, ban atau pelor, jika memang sudah selayaknya ganti.

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS