0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

2013, Ngurus Akta Kelahiran Cuma di Kecamatan

- Timlo.net

Wonogiri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mulai bersiap menerapkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten). Dengan Paten ini masyarakat tidak perlu lagi sampai ke Kantor Kabupaten untuk mengurus pelayanan perijinan ataupun non perijinan. Masyarakat cukup mendatangi kantor kecamatan.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan SetdaWonogiri, mengatakan sebagai langkah awal menuju Paten, semua camat dikumpulkan untuk berkoordinasi dalam Rakor. “Kita sudah berniat menuju Paten karena amanah Permendagri. Sehingga diharapkan semua pihak baik legislatif dan eksekutif harus sungguh-sungguh berkomitmen, ini bertujuan mempermudah dan mendekatkan pemerintah kepada masyarakat, khususnya dalam pelayanan publik,” katanya Kamis (16/2).

Ditambahkan, dengan Paten, warga tak perlu datang ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Warga juga tak perlu datang ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) untuk bayar pajak reklame dan keramaian serta datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) untuk mengurus Akta Kelahiran.

“Pengurusan IMB, bayar pajak keramaian, pajak reklame dan urus Akta Kelahiran nantinya cukup di kecamatan saja. Untuk itu, nantinya Bupati juga akan memberikan delegasi kepada camat menggunakan kewenangannya dalam memberikan pelayanan,” imbuhnya.

Program Paten ini merupakan amanah dari Permendagri 4 tahun 2010 yang diperkuat Surat Dirjen Pemerintaxan Umum per tanggal 13 Januari lalu. Paten di Wonogiri dijadwalkan akan mulai diterapkan pada tahun 2013 nanti. Dalam kurun waktu tahun 2012 ini, akan dibahas terlebih dahulu standar pelayanan dan persyaratan teknisnya oleh tim.

Masyarakat pun akan dilibatkan dalam membuat standar pelayanan. Tim juga menyiapkan rancangan kebijakan serta juklak dan juknis. Kecamatan yang memenuhi syarat segera akan diberikan rekomendasi untuk ditetapkan menjadi penyelenggara Paten.

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS