0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Ini, SNMPTN Jalur Undangan Mulai Dibuka

Dari kiri, Humas Panlok 44 UNS Solo, Drs.Tundjung W Sutirto, MSi dan Ketua Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Prof Drs Sutarno MSc PhD (dok.timlo.net/Niza)

Solo – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 melalui Jalur Undangan mulai dibuka hari ini, Rabu  (1/2). Jalur Undangan diperuntukkan bagi pelajar dengan prestasi akademis baik namun memiliki keterbatasan dalam kemampuan ekonomi.

Memasuki awal tahun 2012, pelajar SMA/SMK kelas XII tentunya sudah mempersiapkan diri untuk menempuh Ujian Nasional (UN) yang akan diselenggarakan April mendatang. Tidak hanya UN, para pelajar juga harus mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang perguruan tinggi negeri (PTN). Berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru dibuka terbagi menjadi dua, yakni jalur Mandiri dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dalam jumpa pers, Selasa (31/1), Humas Panitia Lokal (Panlok) 44 UNS Solo, Drs Tundjung W Sutirto MSi dan Ketua SNMPTN, Prof Drs Sutarno MSc PhD menjelaskan, jika calon peserta SNMPTN bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id.

Dalam hal ini calon peserta mempunyai waktu cukup panjang untuk melakukan proses pendaftaran. “Pendaftaran mulai 1 Februari hingga 8 Maret 2012, nantinya pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada 25 Mei 2012.  Setiap pendaftar akan dikenakan biaya Rp175 ribu,” ungkap mereka.

Sutarno menambahkan, untuk pelaksanaan Jalur Undangan, diharapkan semua siswa tidak  sampai dirugikan dan harus fair, tidak ada permainan.  “Untuk tahun ini semoga tidak akan terjadi seperti tahun-tahun lalu,” ucapnya.

Menurut Tundjung, banyak kepala sekolah belum melalukan login.  Hal ini dikarenakan banyak kepala sekolah yang baru maupun dimutasi. “Sehingga, kalau ingin mengetahui password ada di panitia pusat, kalau lupa. Dihimbau untuk kepala sekolah tidak didahului siswanya. Yang terpenting di jalur undangan itu, kepala sekolah harus mendahului siswanya, proaktif lah,” ujarnya.

Pada seleksi calon mahasiswa melalui Jalur Undangan tahun ini, nilai atau kelulusan UN menjadi evaluasi akhir. Artinya, siswa yang nilai rapornya baik dan UN-nya lulus maka dia akan diterima di PTN yang dilamarnya. “Minimal posisi lima besar dan tidak boleh naik turun untuk nilai rapor di semester 3, 4, dan 5. Jadi harus ada konsistensi dari nilai ini,” tandasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge