0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sragen Launching Paten

Bupati: Layani Warga dengan Baik dan Murah

Logo Pemkab Sragen (dok.timlo.net/redaksi)

Sragen – Setelah dilakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Simpaten) beberapa waktu lalu, secara resmi Pemkab Sragen akhirnya mulai memberlakukan Pelayanan Admiunistrasi Terpadu Kecamatan (Paten). Launching Paten ini langsung dilakukan Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman yang dipusatkan di Kecamatan Sragen, Selasa (31/1).

Dengan dilaunchingnya Paten, maka pelayanan terpadu yang sebelumnya dilakukan di Badan Pelayanan Terpadu Pemkab Sragen, kini tugas tersebut dapat dilakukan di kecamatan. Pelaksanaan Paten tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No.4 tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten). Khusus untuk kabupaten Sragen, pelaksanaan Paten diperkuat dengan Peraturan Bupati Sragen No.85 tahun 2011 tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang Bupati Sragen kepada Camat di Kabupaten Sragen.

“Sehingga dengan Paten tersebut, masyarakat tidak perlu lagi sampai ke Kantor Kabupaten untuk mengurus pelayanan perijinan ataupun non perijinan. Masyarakat cukup mendatangi kantor kecamatan di wilayah masing-masing,” kata Asisten I Sekda Sragen, Parsono.

Menurutnya, wewenang bupati yang dilimpahkan kepada camat meliputi 11 pelayanan perijinan dan 22 pelayanan non perijinan. Pelayanan perijinan meliputi, ijin untuk mengadakan perhelatan, perijinan untuk menerbitkan penutupan jalan dan perijinan mengadakan pertunjukan. Kemudian yang termasuk pelayanan non-perijinan di antaranya adalah pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Dalam kesempatan launching Paten tersebut, Bupati Stragen Agus Fatchur Rahman, mengharapkan, kecamatan dapat memberikan pelayanan yang baik, murah, tepat dan transparan kepada masyarakat. Kepada para camat, Bupati mengingatkan agar memberikan laporan tentang pelaksanaan Paten tersebut kepada bupati melalui sekretaris daerah (Sekda) setiap bulannya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge