0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Terpadu Cukai Ilegal

Rokok Kadaluwarsa Banyak Ditemukan di Sukoharjo

Petugas Satpol PP Sedang Memeriksa Cukai Rokok (Dok. Timlo.net)

Sukoharjo – Tim Gabungan Satpol PP dan Disperindag Sukoharjo, melakukan operasi terpadu barang kenai cukai illegal, di wilayah Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Polokarto, Senin (31/1). Operasi tersebut dipimpin langsung Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (POL-PP) Kabupaten Sukoharjo, Lasiman.

Lasiman mengatakan, operasi ini merupakan pemberantasan, berupa pengumpulan informasi hasil tembakau, yang dilekati pita cukai palsu, maupun tidak dilekati pita cukai (illegal), diperedaran atau toko dan warung penjualan eceran.

“Dalam operasi tadi, kami tidak menemukan rokok dengan cukai illegal. Baik rokok yang dilekati pita cukai palsu maupun yang tidak bercukai sudah tidak kami temui dalam operasi tadi. Namun mayoritas kami temui rokok-rokok yang sudah kadaluwarsa,” ujar Lasiman.

Selain menertipkan rokok illegal, operasi terpadu yang dilakukan Satpol PP dan Disperindag, juga mengumpulkan informasi barang kena cukai berupa etil alkohol dan minuman yang mengandung etil alkohol illegal di peredaran.

“Operasi ini berdasar Pasal 9. I. Permen Keu no 84/pmk.07/2008, tentang penggunaan dana bagi hasil cukai hasil tembakau, dan sanksi atas penyalah gunaan dana bagi hasil cukai hasil tembakau. Dari operasi tadi tidak ditemukan cukai rokok illegal, jadi bisa dikatakan kesadaran pedagang terhadap rokok illegal meningkat,” imbuh Lasiman.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge