0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soto Batu Jamus, Mak Nyus…

Warung Soto Batu Jamus di Karanganyar (dok.timlo.net/agung widodo)

Karanganyar — Bila Anda bepergian atau mengadakan perjalanan dari arah Karanganyar menuju Tawangmangu, tepatnya di Jalan Lawu KM 11 atau sebelah Barat Pom Bensin, Bejen, Karanganyar, akan ditemui sebuah warung soto yang cukup enak, “Soto Batu Jamus”. Dinamakan Batu Jamus karena pemiliknya, Wijanarko, adalah orang asal Batu Jamus, yang masih termasuk wilayah Kecamatan Kerjo, Karanganyar.

Tempatnya tidak begitu besar, sekitar 7×4 meter persegi, tetapi pengunjungnya seharinya bisa mencapai 50 sampai 60 orang pada hari biasa. Di akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu orang yang mencicipi soto di warung tersebut bisa mencapai 100 orang seharinya. “Di sini ada keistimewaannya, rasa sotonya lain dari yang lain,” kata salah seorang pelayan kepada Timlo.net. Sayang si empunya warung, Wijanarko, tidak berada di tempat ketika Timlo.net mampir untuk sekadar merasakan keistimewaan rasa soto yang sering disebut bikin mak nyus tersebut, Senin (30/1) sore.

Menurut perempuan yang enggan disebutkan namanya tersebut, soto yang disajikan kepada pengunjung terdapat aroma wangi dan ada rasa palanya. Tidak hanya soto, di warung pinggir jalan itu juga dapat ditemui menu masakan kas Jawa lainnya, seperti sup ayam, kare spesial dan garang asem. Harganya pun cukup murah dan tidak sampai menghabiskan kocek terlalu besar. Misalnya satu mangkuk soto ukuran sedang hanya Rp 2.500, dan Rp 3.500 untuk mangkok ukuran jumbo. Sebagai teman makan soto, juga tersedia berbagai macam gorengan,  ayam goreng dan telur. Warung ini buka pukul 07.30 dan baru tutup pukul 20.00 WIB.

Dari penjualan soto tersebut rata-rata sehari omzetnya bisa mencapai Rp 500.000. Sementara pada akhir pekan omzetnya bisa naik hingga Rp 700.000. Pemiliknya, Wijanarko, di samping usaha warung soto, dia juga tercatat sebagai guru di SMK Negeri Jenawi, Karanganyar. Saat ini Soto Batu Jamus juga telah mengembangkan sayapnya dengan membuka cabang di Jumog. (agung w)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge