0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sembahyang King Thi Kong Tiap Tanggal 9 Bulan 1

Sejumlah warga Tionghoa mengikuti upacara sembahyangan King Thi Kong Klentheng Tien Kok Sie, Pasar Gede Solo, Selasa (31/1), pukul 00.00 WIB (Dok.Timlo.net/ Mala)

Solo — Sejumlah warga Tionghoa mengikuti upacara Sembahyang King Thi Kong di Klentheng Tien Kok Sie, Pasar Gede Solo. Sembahyang ini dilakukan setiap tanggal 9 bulan 1 Imlek yang jatuh pada hari Selasa, (31/1) pukul 00.00 WIB.

Ritual ini dilaksanakan dengan mendirikan meja tinggi di depan pintu menghadap langit. Umat yang mengikuti ritual ini bersembahyang, serta mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam upacara tersebut, umat berjanji untuk hidup lebih baik terhadap sesama, memenuhi kewajibannya sebagai mahkluk ciptaan-Nya, serta memberikan persembahan-persembahan khusus.

Humas Klentheng Tien Kok Sie, Aryanto Wong menuturkan, sembahyangan King Thi Kong dipilih pada tanggal 9 bulan 1, ditujukan karena angka 9 adalah angka yang tertinggi serta bulan 1 adalah karena angka 1 berarti angka Esa. Sedangkan persembahan-persembahan yang akan diberikan kepada Thian (Tuhan) yaitu berupa 5 macam buah seperti pisang mas, buah delima, apel , jeruk, dan buah pir.

“Lima jenis buah juga akan disajikan seperti bunga mawar warna putih, merah, merah muda, kenanga serta melati, selain kue keranjang, gula batu, dan teh kering,” terangnya.

Di kalangan orang Tionghoa sendiri, upacara King Thi Kong dapat diselenggarakan secara sederhana maupun lengkap. “Yang terpenting adalah ketulusan dan kesuciannya. Bukan kemewahannya,” ujar Rendra, salah seorang warga yang mengikuti sembahyangan di klentheng tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge