0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

4 KA Prameks Baru Siap Meluncur

PENUMPANG MEMBLUDAK-Penumpang KA Prambanan Ekspres (Prameks) membludak di stasiun saat pekan Lebaran (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daops) 6 Yogyakarta tahun ini siap meluncurkan empat kereta api (KA) komuter Prambanan Ekspres (Prameks) baru. Langkah strategis ini diambil mengingat armada yang beroperasi saat ini kurang handal lantaran sudah berusia tua.

Sebagaimana disampaikan Pejabat Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, pada 2012 ini manajemen PT KAI akan meremajakan armada KA Prameks. Dari empat rangkaian kereta yang sedianya diluncurkan, tiga di antaranya akan dioperasikan secara reguler, sementara satu armada sisanya akan difungsikan sebagai KA cadangan.

Meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan kapan resminya KA tersebut akan dioperasikan. “Kami belum bisa memastikan, tapi yang jelas tahun ini akan dioperasikan,” ujar Eko kepada wartawan, di sela-sela acara peluncuran layanan Tap Izy, di Stasiun Solo Balapan, Senin (30/1).

Peremajaan KA Prameks tersebut, menurut Eko memang sudah sewajarnya dilakukan. Mengingat KA yang dioperasikan saat ini secara usia sudah tidak laik jalan.

Saat ini PT KAI mengoperasikan dua jenis armada KA Prameks, yakni kereta rel diesel (KRD) dan kereta rel diesel elektrik (KRDE). Keduanya merupakan jenis KA hasil produksi 1980-an.

“Kami punya lima set (armada Prameks –Red) yang mana usianya sudah tidak laik. Bahkan, untuk sparepart-pun kami harus melakukan substitusi karena sparepart-nya sulit didapat. Makanya karena barang modifikasi akhirnya banyak gangguan,” ungkap Eko.

Sementara itu, untuk operasional KA Prameks baru tersebut rencananya manajemen PT KAI akan memberlakukan tarif baru bagi pelanggan. Perusahaan pelat merah tersebut akan mematok tarif 50 persen lebih mahal ketimbang tarif yang berlaku sekarang. Jika saat ini tarif perjalanan Solo-Yogyakarta dibanderol sebesar Rp 10 ribu, ke depan bisa naik menjadi Rp 15 ribu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge