0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kembangkan Mobil Esemka, Jokowi ke Jerman

Wakil Duta Besar (Wadubes) Indonesia untuk Jerman, Diah Wulandari M. Rubianto saat menjajal Esemka di rumah dinas Loji Gandrung, Senin (30/1). (timlo.net - Dhefi)

Solo – Peluang rencana produksi Esemka secara massal dan dijadikan sebagai mobil nasional (Mobnas) semakin terbuka lebar. Meski sempat memancing berbagai pendapat yang kontroversial, namun dukungan dari berbagai pihak terus bermunculan. Salah satu bentuk dukungan tersebut diberikan oleh pihak kedutaan besar (Kedubes) RI untuk negara Jerman.

Wakil Duta Besar (Wadubes) RI untuk Jerman, Diah Wulandari M Rubianto, secara khusus datang ke Solo untuk memberi dukungan penuh atas rencana tersebut. Menurutnya, saat ini Jerman adalah negara terbesar di dunia di bidang produksi otomotif. Dengan membuka jalur kerjasama dengan Jerman, diharapkan kualitas produksi Esemka bisa sejajar dengan mobil lainnya.

“KBRI di Berlin ingin memfasilitasi dan menciptakan peluang bagi Esemka untuk bisa berkembang,” tuturnya kepada wartawan, Senin (30/1). Salah satu bentuk kerjasama yang ditawarkan dari KBRI di Jerman adalah kerjasama di bidang edukasi. Yakni, dengan mengirimkan tenaga teknisi untuk menimba ilmu di Jerman.

Rencananya, pada bulan Maret mendatang Walikota Solo Joko Widodo diundang ke Jerman. Disana, Jokowi, sapaan akrab Walikota akan dipertemukan dengan beberapa produsen otomotif terkenal untuk membicarakan rencana kerjasama dua belah pihak. “Yang jelas kami sudah berupaya membukakan pintu kerjasama. Kelanjutannya ya nanti tergantung pada dua belah pihak,” tutur Diah.

Seperti diketahui, Jerman memiliki perusahaan otomotif terkenal dunia, seperti Mercedes Benz, Volkswagen (VW) dan BMW. Beberapa hari lalu, Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia Norbert Baas juga berkunjung ke Solo. Dalam lawatannya ke Solo tersebut, Norbert tertarik dengan usulan kerjasama dua belah pihak untuk pengembangan Mobil Esemka.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge