0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Industri Karoseri Masih Terkendala Pemasaran

Wonogiri — Pelaku usaha di bidang industri karoseri atau pembuatan bodi kendaraan di Kabupaten Wonogiri mengaku masih belum bisa mengembangkan bisnisnya. Hal ini lantaran terdapat kendala terutama di sisi marketing alias pemasarannya.

Marno (40) pemilik karoseri Sari Murni Wonogiri mengungkapkan, kendala pemasaran hingga saat ini belum diperoleh jalan keluarnya. Sehingga laju bisnis ini tidak dapat tumbuh dengan cepat. “Kami akui memang seperti itu, terutama terjadi untuk pasar dalam kabupaten Wonogiri, kalau di luar itu pemasaran sebenarnya bisa diandalkan,” ujarnya di Wonogiri, Minggu (29/1).

Masih buntunya pemasaran menjadikan pesanan pembuatan bodi kendaraan, khususnya di Wonogiri sangat jarang. Bahkan jika dibandingkan dengan order yang datang dari daerah lain tak mencapai separuhnya. “Sebagian besar order malah datang dari kabupaten di Jawa Timur seperti Ngawi , Ponorogo, Magetan, atau di Palembang , Jambi, untuk Wonogiri tak sampai separuhnya,” tambanya.

Lebih lanjut Marno juga menyayangkan sikap yang ditunjukkan Pemkab setempat. Menurut Marno,  seharusnya setiap pekerjaan pembuatan bodi kendaraan dinas bisa diserahkan ke pengusaha lokal.  “Tapi yang terjadi malah dilemparkan ke industri luar daerah, ya bukannya kami iri atau apa, namun apakah tidak lebih baik kalau mengoptimalkan kemampuan dan kekuatan dari dalam daerah dulu,” paparnya.

Kendati demikian, ia mengaku akhir-akhir ini ada sedikit angin segar. Yakni mulai meliriknya dunia pendidikan khususnya SMK terhadap karoseri.  “Seperti SMKnya Pak Dikin (SMK N2 Wonogiri –Red) yang punya rencana bikin mobil double cabin, sebelum gedung jadi pihaknya menjalin kerjasama dengan kami termasuk pengikutsertaan karyawan bagian produksi guna memberikan ketrampilan buat siswanya,” jelasnya. (aris)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge