0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tong Setan Uji Adrenalin Pengunjung Sekaten

Atraksi Tong Setan di Sekaten Solo (Dok.Timlo.net/ Radit)

Solo – Orang-orang yang melihatnya menutup satu telinganya lantaran suara knalpotnya meraung-raung memekakkan telinganya. Sebagian penonton menutup hidungnya karena tak tahan dengan asap yang keluar dari knalpot sepeda motor dua tak tersebut. Itulah balapan tunggal dalam Tong Setan.

Keberadaan atraksi ini tak bisa dipisahkan dengan Sekaten. Para pembalap jagoan ini memutar-mutar di lingkaran yang telah disediakan dan tak jarang para pembalap melakukan hal yang berbahaya, seperti melepas tangannya saat berkendara dan tidur di atas motor.
Setiap kali Sekaten diadakan, keberadaanya selalu mendapatkan tempat di masyarakat.

Hanya dengan membawa uang Rp 5.000 saja, para pengunjung Sekaten bisa menikmati permainan motor yang mengelilingi ruangan berbentuk lingkaran yang telah dibuat sedemikian rupa. Tong Setan menjadi salah satu hiburan yang ikut meramaikan Maleman Sekaten 2012 di Alun-alun Lor Keraton Solo.

Salah seorang penonton Tong Setan, Yulia Kusmawati mengatakan, bahwa ia sangat miris melihat pertunjukan malam itu, walapun ia miris tapi baginya ini merupakan salah satu keinginanya untuk beruji nyali melihat keberanaian para pembalap Tong Setan. “Saya tak bisa membayangkan andai para pembalap itu jatuh, tapi saya juga heran kenapa pembalapnya tidak jatuh, yang jelas keberadaan Tong Setan salah satu hiburan yang menguji adrenalin kita,” ujarnya kepada Timlo.net Sabtu (28/1) malam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge