0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kenapa kok Kerak Telur Bisa Nikmat?

Sari, pedagang kerak telur di kawasan Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Dok.TImlo.net/ Mala)

Solo — Makanan yang berbahan dasar beras ketan ini banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bukan hanya di daerah asalnya saja, Jakarta, di Solo pun tak sedikit pengunjung Sekaten yang gemar memburu kuliner khas Betawi ini. Lalu kenapa sih kerak telur bisa nikmat?

Rupanya bumbu-bumbu yang membuat kerak telur terasa lezat, menurut Sari adalah cabai merah, kencur, merica, gula pasir, serta garam yang dihaluskan. “Ditambah ebi dan bawang goreng, serta kelapa sangria, Mbak. Dan pasti menggugah selera,” katanya kepada Timlo.net, di arena Sekatenan, Alun-alun Lor Solo, Jumat (27/1).

Sudah lima kali ini Sari menggelar makanan kerak telur di acara Sekaten Solo. Hasil yang didapat cukup lumayan. Makanan ini disebut kerak telur karena proses pembuatan yang setengah matang, dibalik dan dipanggang tepat di atas arang. Proses inilah yang menyebabkan makanan mengerak, serta lidah bergoyang.

Untuk menikmati seporsi kerak telor, pengunjung Sekaten hanya perlu merogoh kocek senilai Rp 10.000 setiap porsi. Harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan cara pembuatannya yang rumit.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge