0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

“Leng”, Kala Pedesaan Diincar Pabrik

Pementasan Teater Ruang "Leng" karya Bambang Widoyo SP, di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Solo, Jumat (27/1). (Dok.Timlo.net/ Radit)

Solo – Teater Tesa Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta menggelar pementasan teater modern dengan judul Leng, di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta, Jumat (27/1) malam.

Sutradara cerita ini, Budi Bodhot Riyanto mengatakan, cerita karya Bambang Widoyo SP, ini merupakan persitiwa jaman pembangunan dahulu, dimana rakyat kecil harus merasakan dampak akibat lahannya dikuasai orang – orang yang tak bertanggung jawab untuk mendirikan pabrik. “Saya melihat di beberapa daerah masih mengalami hal ini. Saya berharap, walapun kita sebagai rakyat kecil, kita tetap harus melakukan penolakan demi memperjuangan apa yang kita miliki,” ujarnya kepada Timlo.net.

Lebih lanjut Budi ingin rakyat kecil jangan merelakan lahannya begitu saja demi sejumlah uang. Seperti fakta saat ini bahwa daerah perdesaan pun tak luput dari incaran para pemiliki uang untuk mendirikan pabrik. Padahal ciri khas sebuah desa itu harus dipertahankan kenyamananya dan keasrianya. Andai kawasan desa semakin hari semakin didirikan sebuah pabrik, bukan tak mungkin suara mesin – mesin akan mengganggu warga sekitar, maka dari itu saya berharap warga mau bersuara untuk memberikan perlawanan.

“Memang uang dan kekuasaan mampu mengalahkan segalanya, yang terkadang rakyat kecil mau menerima semua itu, namun untuk mempertahankan daerah asal sangat diutamakan, mengingat daerah yang kita miliki merupakan sandaran dalam hidup kita, intinya rakyat kecil jangan diam saja,” imbuhnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge