0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selama ini Sudah Sukses Ciptakan "Scandatech"

SMKN 2 Wonogiri akan Rakit Mobil “Double Cabin”

Siswa SMKN 2 Wonogiri sedang praktek merakit berbagai produk teknologi (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Gaung kesuksesan siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang terbukti mampu menciptakan maupun merakit beragam teknologi nampaknya belum akan berakhir. Kali ini giliran SMK Negeri 2 Wonogiri ambil bagian. Para siswa kelas 11 dan 12 SMKN 2 Wonogiri telah berhasil menciptakan peralatan berbasis teknologi tepat guna yang diberi label “Scandatech”.

“Scandatech” merupakan singkatan dari SMK Negeri Dua Berteknologi. Beragam jenis peralatan dengan label sama telah tercipta oleh SMK yang baru berusia kurang dari 9 tahun tersebut. Di antaranya, mesin pencabut bulu ayam, mesin pembuat mi, mesin penghancur dokumen, mesin pencacah pakan ternak, tleser atau prontok jagung maupun padi. Juga diciptakan mesin penggiling multi fungsi, dan pemarut kelapa. Semua peralatan yang telah diciptakan itu diberi nama yang sama yakni Scandatech.

Menurut Kepala SMKN 2 Wonogiri, Ir Drs H Dikin, Sabtu (28/1), Scandatech saat ini sudah banyak mendapatkan pesanan. Bukan hanya di kalangan dinas dan instansi di lingkup Kabupaten Wonogiri. Kalangan masyarakat umum, terutama pelaku bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) telah banyak yang menggunakan. Termasuk di dalamnya pebisnis agroindustri, terutama berasal dari daerah Medan (Sumatera Utara) dan Pati (Jawa Tengah).

Soal harga Scandatech dipastikan Dikin, tergolong terjangkau. Yakni berada pada kisaran Rp 250.000 hingga Rp 8.000.000. Meski dipatok dengan harga yang berada di bawah harga pasaran Scandatech memiliki tingkatan kualitas yang tinggi.

Ini lantaran setiap detil penggarapannya selalu diawasi oleh guru pembimbing serta tenaga ahli yang kompeten. Pemilihan bahan pun melewati uji material.  Dalam pembuatan Scandatech hampir seluruhnya memakai peralatan mekanik. Termasuk mesin CNC (Computer Numerical Control).

Ke depan masih berdasarkan penuturan Ir Drs H Dikin, SMKN 2 Wonogiri bakalan merakit mobil jenis double cabin.  Saat ini baru dalam tahapan pembangunan gedung produksinya.  (aris)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge