0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ombak Besar, Nelayan Lobster Pantai Nampu Malah Panen

Ikan Lobster (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Ombak besar Laut Selatan di sekitar Pantai Nampu, Wonogiri selain membuat sengsara ternyata punya dampak positif. Dampak ini dialami para nelayan penangkap lobster. Mereka mengaku mengalami peningkatan hasil tangkapan saat ombak tinggi datang.

Ketika ombak tengah membesar hasil tangkapan lobster mencapai 0,5 hingga 1 kilogram saban harinya. Berbeda jauh saat ombak normal. Terkadang sering para nelayan pulang dengan tangan kosong.

Mardi, seorang penangkap lobster Sabtu (28/1) menuturkan saat ini adalah masa panen baginya. Penyebabnya lobster-lobster ikut terhempas dan terjebak di karang pantai bersama datangnya ombak. Sehingga nelayan dengan memakai krendet (sejenis jaring khusus untuk menangkap lobster) begitu mudah menangkapinya.

“Lobster langsung kita serahkan ke pengepul, harganya macam-macam Mas, tergantung jenisnya, kalau yang brintik Rp 250 ribu terus yang hijau Rp 300 ribu, yang paling mahal Rp 350 ribu yang jenis mutiara tapi jarang dapatnya kita,” kata Mardi.

Berdasarkan penuturan Mardi, lobster hasil dari Pantai Nampu biasanya setelah dikumpulkan di pengepul akan dipasok ke sejumlah daerah. Di antaranya Gunungkidul (DIY),  Pacitan serta Madiun (Jatim).  (aris)

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge