0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hanya Butuh Modal Awal Rp50 Miliar

Nilai Investasi Rendah, Mobil Esemka Siap Diproduksi

Walikota Solo Joko Widodo saat melihat komponen mesin Esemka, beberapa waktu lalu. (timlo.net - Dhefi)

Solo –- Nilai total investasi yang diperlukan untuk memproduksi Mobil Esemka tergolong rendah. Untuk menyiapkan insfrastruktur produksi, hanya dibutuhkan anggaran senilai Rp 50 Miliar saja. Anggaran sejumlah itu dipergunakan untuk membangun sarana produksi Esemka yang nantinya akan dilakukan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Solo Techno Park (STP).

Walikota Solo Joko Widodo menjelaskan, untuk  memproduksi Mobil Esemka tidak memerlukan nilai investasi yang berlebih. “Kalau bisa tidak usah pakai investor. Kalau pakai investor ya tidak usah besar-besar,” katanya kepada wartawan, Jumat (27/1).

Dengan nilai sebesar itu, PT SMK hanya perlu memperkuat 3 komponen saja. “Yang dibutuhkan hanya assembly line, finishing line dan QC (Quality Control) line saja,” jelasnya. Dengan dibangunnya 3 komponen tersebut, menurutnya rencana produksi dan pasca produksi mobil nasional (mobnas) Esemka bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, dalam menyiapkan sarana maupun prasarana produksi Mobil Esemka, pihaknya hanya memerlukan sedikit perombakan pada Solo Techno Park (STP), tempat dimana mobil tersebut akan diproduksi. Salah satu persiapan yang akan dilakukan, yakni mendirikan bangunan seluas 2000 meter persegi dengan jumlah 3 buah bangunan di kawasan tersebut.

Setelah proses perijinan dan serangkaian uji yang dilakukan terhadap Mobil Esemka selesai, produksi bisa saja langsung dilakukan. “Saya harapkan bulan Februari mendatang seluruh rangkaian uji terhadap Esemka bisa dilalui,” ungkapnya. Sementara, kapasitas produksi Mobil Esemka seperti yang dijanjikan oleh Jokowi bisa mencapai 200 sampai dengan 300 unit mobil tiap bulannya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge