0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi: DPR Bentuk Panja Mobnas Esemka

walikota Solo Joko Widodo (timlo.net - Dhefi)

Solo – Walikota Solo Joko Widodo menyambut baik dukungan dari DPR terhadap rencana produksi Esemka sebagai mobil nasional (Mobnas). Beberapa waktu lalu, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, dipanggil Komisi VI DPR di Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta untuk memaparkan rencana produksi massal Mobnas Esemka. Dalam pertemuan tersebut, DPR akan membentuk Panitia Kerja (Panja) yang khusus mengurusi masalah Mobil Esemka.

Jokowi menjelaskan, dalam waktu dekat ini Panja akan berkunjung secara langsung ke Solo dan melihat kesiapan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai principal produk Esemka. “Mau lihat kesiapannya apa. Kekurangannya seperti apa, mau lihat kondisi di lapangannya,” tutur Jokowi kepada wartawan, Jumat (27/1).

Dalam pertemuan tersebut, Komisi VI DPR secara tegas meminta agar produksi mobnas terkonsentrasi pada Esemka saja. Menurutnya, saat ini ada beberapa perusahaan yang telah bersedia memberikan support kepada SMK, di antaranya PT Inka, PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia (DI).

Ketiga perusahaan mitra kerja pemerintah tersebut menurut Jokowi,akan memberikan dukungan bahan baku kelengkapan mobil, seperti rangka mobil, maupun cetakan mesin mobil. Beberapa komponen tersebut kemudian dikumpulkan dan dirakit oleh PT SMK di Solo Techno Park (STP).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge