0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Naik Prameks Bisa Bayar dengan Pulsa

JAJAL EDC-Staf Kepala Stasiun Purwosari, Dwi Nur Cahyono, menjajal mesin electronic data capture (EDC) sebagai sarana transaksi berbasis e-money (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daops) 6 Yogyakarta, akhir bulan ini rencananya akan menerapkan layanan transaksi berbasis e-money bagi pengguna jasa KA Prambanan Ekspres (Prameks). Dengan teknologi anyar ini, pelanggan kereta api tak perlu lagi membayar dengan uang tunai untuk pembelian tiket, namun bisa melalui pulsa seluler

Terkait hal ini, badan usaha milik negara tersebut sudah sepakat menggandeng Telkomsel sebagai operator penyedia layanan e-money. Bahkan, Senin (30/1) pekan depan, keduanya akan melakukan penandatanganan kerjasama sekaligus meluncurkan program layanan yang diberi nama ‘Tab Izy’.

Layanan ini sendiri, menurut staf Kepala Stasiun Purwosari, Dwi Nur Cahyono, cukup praktis diterapkan. Setelah pengisian pulsa nonreguler Tab Izy, untuk melakukan transaksi tiket, pelanggan cukup mendekatkan telepon seluler dengan mesin electronic data capture (EDC) yang tersedia di stasiun. Dengan begitu, secara otomatis pulsa akan terpotong dengan sendirinya.

Adapun untuk mesin EDC sendiri sedianya akan ditempatkan di empat stasiun area Daops 6 Yogyakarta. Di antaranya Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu (Yogyakarta)

“Selain untuk KA Prameks, layanan Tab Izy juga bisa dimanfaatkan untuk KA Madiun Jaya AC. Sementara untuk KA Madiun Jaya non-AC, saat ini masih dalam proses,” pungkas Cahyono kepada wartawan, di Stasiun Purwosari Solo, Jumat (27/1).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge