0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Wonogiri Terima Kopling TUA

Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto (kanan) saat menerima pengurus Kopling TUA di Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (27/1) (dok.timlo.net/aris a)

Wonogiri — Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Wonogiri diharuskan memberikan dukungan bagi pelaksanaan agenda kegiatan yang dihelat komunitas lingkungan. Pasalnya, kegiatan komunitas pada dasarnya beriringan dengan kerja pemerintah kabupaten (Pemkab).

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto saat menerima kunjungan pengurus inti Komunitas Peduli Lingkungan Tanah Udara Air (Kopling TUA) di Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (27/1). “Saya secara pribadi maupun selaku yang dituakan di Kabupaten Wonogiri pastinya selalu mendukung setiap kegiatan positif yang digagas komunitas peduli lingkungan hidup, dan saya minta kepada segenap SKPD untuk turut memberikan dukungannya,” ujar Pak Bupati Danar Rahmanto.

Dukungan yang dimaksudkan Bupati Danar, tidak melulu berwujud pendanaan. Meliputi pula pemberian perhatian berupa bantuan fasilitas demi kelancaran kegiatannya.  “Sebab pada dasarnya kegiatan komunitas peduli lingkungan itu beriringan dan sejalan dengan agenda di pemkab, sehingga paslah kalau dikatakan tumbu entuk tutupe (gayung bersambut –Red), tapi tentu saja lantas jangan disalahtafsirkan yang bukan-bukan,” pintanya.

Menurut Bupati, saat ini Pemkab Wonogiri tengah menggagas upaya penyelamatan keberadaan Waduk Gajah Mungkur (WGM). Dimana tingkat sedimentasi atau penumpukan kandungan lumpur dari DAS (Daerah Aliran Sungai) semakin hari kian besar. “Kalau tidak segera diatasi bisa jadi usia ekonomis WGM tinggal beberapa puluh tahun lagi, eman-eman dengan semua perjuangan yang selama ini telah dikeluarkan, baik oleh pemerintah maupun dari warga sendiri. Jadi saya minta agar Kopling TUA ikut memikirkannya juga,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu hadir tiga orang pengurus inti Kopling TUA. Tampak Ketua Komunitas Paris Hermanto, Sekretaris Joko “Pesing” Prasetyo, dan Bendahara Tarmuji. Ketiganya menghadap Bupati terkait penyerahan komitmen kepedulian lingkungan serta koordinasi kegiatan penanaman 10.000 pohon, awal pekan depan.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge