0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumah Ibadah Wajib Punya IMB

Solo –-  Pemkot menghimbau kepada semua tempat ibadah di Kota Solo agar dilengkapi dengan surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Himbauan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Solo, Suharso kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, saat ini masih banyak ditemukan tempat ibadah di Solo yang belum mengantongi IMB. “Dari 780 tempat ibadah, 49 persen di antaranya belum memiliki IMB,” terangnya. Secara detil, dari jumlah total tersebut, baru 258 tempat ibadah yang telah memiliki IMB. Sisanya sebanyak 385 rumah ibadah belum memiliki IMB dan 137 lainnya belum memiliki keterangan yang jelas.

Dikhawatirkan, jika tidak segera mengurus IMB terhadap rumah ibadah tersebut, bisa timbul permasalahan di kemudian hari. “Dikhawatirkan terjadi persoalan terkait hak waris. Anak, atau cucu ada yang mengklaim memiliki lahan tempat ibadah kemudian memicu konflik,” tambahnya.

Di masa yang akan datang, persoalan tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan permasalahan yang serius. “Masalah agama merupakan permasalahan yang sangat sensitif. Jadi kami himbau agar segera diurus IMB nya,” tambahnya.

Untuk mengurus IMB bagi rumah ibadah, Pemkot telah membuat kebijakan dengan membebaskan semua biaya administratif yang dikenakan. “Aturannya tertuang dalam Surat Edaran (SE) Walikota,” terangnya. Hanya saja, pembebasan biaya administratif untuk mengurus IMB rumah ibadah dibatasi hanya untuk rumah ibadah yang dibangun sebelum tahun 2006 lalu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge