0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

“Anggodo Balik” Jumat Kliwonan

Lakon "Anggodo Balik" mengawali pagelaran Wayang Kulit Jumat Kliwon di Pendapa TBJT, Solo, Kamis (26/1). (Dok.Timlo.net/ Radit)

Solo – Pergelaran Wayang Kulit Jumat Kliwon kembali menyapa para pecintanya di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta, Kamis (26/1) malam. Dengan mengambil judul Anggodo Balik, dan dalang Ki Rahmad Santoso, wayangan itu seolah mengobati kerinduan para penonton akan acara rutin yang diselenggarakan TBJT setiap 35 hari sekali ini.

Kisah ini menceritakan tentang keadaan bangsa Indonesia saat ini, yakni banyaknya musuh dalam selimut. Lewat cerita inilah sang dalang dari Gondang, Sragen ini ingin menggabungkan cerita wayang jaman dahulu, dengan kejadian saat ini.

Salah seorang Koordinator Pedalangan TBJT, Wahyono mengatakan bahwa pertunjukan wayang kulit Jumat kliwon ini sudah ada sejak tahun 1980-an, dan ia melihat keberadaan wayang ini selalu dinantikan masyarakat. “Awal tahun hingga akhir tahun nanti cerita wayang Jumat kliwon akan terus berlanjut, karena kami ingin masyarakat dapat mengingat kembali cerita wayang jaman dahulu dari awal sampai akhir,” ujarnya.

Lebih lanjut Wahyono juga menginginkan agar generasi muda saat ini juga mampu memberikan apresiasi dengan keberadaan wayang ini, karena dengan wayanglah kita mampu sedikit mengingat peristiwa masa lampau dengan diiringi musik karawitan yang mampu menambah meriahnya pertunjukan suatu wayang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge