0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satu Pohon Berbuah 3 Tandan dan Berjantung 5

Pisang Aneh Gemparkan Wonogiri

Wonogiri —  Satu fenomena yang tergolong aneh terjadi di wilayah Kabupaten Wonogiri.  Ada pohon pisang yang memiliki 3 tandan dan 5 buah jantung atau kuncup bunga.

Pisang jenis Ambon Hijau tersebut tumbuh di pekarangan samping rumah Sarman (64) warga Dusun Sumberejo Kidul RT3/ RW 5 Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro. Sekitar 30 kilometer arah selatan Kota Wonogiri.

Keanehan dari pisang itu adalah dalam satu batang pohon (gedebok) terdapat 3 tandan buah . Masing- masing tandan berisikan 7 hingga 8 sisir pisang. Dimana pada umumnya pisang hanya memiliki satu tandan buah setiap batangnya.

Tak berhenti sampai disini saja. Pohon setinggi 4 meter itu mempunyai jantung ( ontel/jawa ) berjumlah 5. Dengan posisi 2 jantung di pucuk tandan paling atas,dan dua lagi di tandan terbawah. Sementara tandan yang berada di tengah berjantung 1.

Dijumpai di kediamannya, Kamis (26/1),  Sarman yang merupakan pensiunan guru di SDN 3 Mlopoharjo, Wuryantoro mengaku tidak mendapat firasat atau perlambang apapun terkait keganjilan pisang miliknya. Diakui, ketika tengah membersihkan pekarangan sekitar dua minggu yang lalu dirinya terkejut lantaran mendapati salah satu pohon pisangnya berbuah sebanyak 3 tandan. Hanya saja dia lantas tidak begitu mempedulikan hal itu meski banyak warga berbondong – bondong hendak menyaksikan secara langsung.

Menurut pria berbadan tegap ini tidak ada perlakuan khusus atas pisangnya. Keanehan tersebut dibiarkan begitu saja seolah merupakan sebuah kewajaran.

Ketika ditanya tentang rencananya terkait pisang ambonnya, Sarman hanya berujar akan menunggu hingga matang dan siap dimakan. “Ya, nanti bakal dimakan ramai- ramai dengan seluruh anggota keluarga berikut para tetangga,” ujarnya. (aris)

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge