0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musik Bambu Meriahkan Ultah Omah Budaya

Sejumlah penari ikut semarakkan Ulang Tahun ke-2 Omah Budaya Indonesia (dok.timlo.net/raditya erwiyanto)

Solo – Omah Budaya Indonesia memperingati ulang tahun (Ultah)  ke 2 di Omah Budaya Bonorejo, Nusukan, Solo, Rabu(25/1) malam. Ultah dimeriahkan berbagai atraksi seni, di antaranya geguritan Bahasa Jawa, tari tradisi dan tari kreasi yang diiringin langsung musik bambu dari Manunggal Roso.  Selain itu pemotongan tumpeng juga menambah kemeriahan acara yang dirancang dengan tata panggung tradisional.

Salah seorang Ketua Omah Budaya Indonesia, Masmulathi mengatakan, Ultah Omah Budaya Indonesia ini sebenarnya tanggal 23 Januari, namun baru saat ini pihaknya bisa mengumpulkan semua teman. “Anggota dari Omah Budaya Indonesaia tak hanya dari warga Solo saja, melainkan warga beberapa daerah seperti Karanganyar dan Sukoharjo turut menimba ilmu di Omah Budaya ini, “ ujarnya.

Lebih lanjut Imas –sapaan akrab Masmulati, menjelaskan kebudayaan asli Indonesia harus dipertahankan, karena bagaimanapun pula kebudayaan  merupakan suatu simbol dalam sebuah negara. “Dengan bertambahnya umur saya berharap Omah Budaya mampu diterima masyarakat dan bisa mendongrak kebudayaan Kota Solo khususnya untuk selalu ada,”iImbuhnya.

Uniknya dalam penyelenggaraan perayaan Ultah Omah Budaya Indonesia kali ini, panitia tidak meminta dukungan pihak manapun, karena Omah Budaya merupakan salah satu organisasi sosial yang berdiri sendiri. “Kami persilakan kepada siapapun yang ingin bergabung dengan kami, dan tak perlu mengeluarkan uang, karena Omah Budaya ini benar-benar memiliki tujuan untuk mengembangkan budaya Jawa khususnya,” pintanya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge