0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

The 3RD National Science Olympiad SMP RSBI 2012

Solo Optimis Rebut Juara Umum

Dari kiri, Ketua panitia lokal, Widodo (kepala sekolah SMPN 1 Karanganyar) dan Sekretaris III, Hariadi Giyarso (kepala sekolah SMPN 4 Solo (dok.timlo.net/Niza)

Solo — The 3RD National Science Olympiad SMP RSBI 2012 akan dihelat Februari 2012 di Kota Solo. Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh panitia lokal Soloraya.

Ditemui di Dikpora Surakarta, Rabu (25/1), Ketua Panitia lokal, Widodo (Kepala SMPN 1 Karanganyar) dan Sekretaris III, Hariadi Giyarso (Kepala  SMPN 4 Solo), menjelaskan jika saat ini para peserta yang mengikuti baru dalam tahap pendaftaran. “Persiapan saat ini dilakukan dengan sebaik-baiknya, secara umum untuk siswa yang mengikuti, baru melakukan pembinaan. Se-Jawa Tengah dikumpulkan menjadi satu,” ungkap mereka.

Widodo menambahkan, untuk Kota Solo sendiri, pihaknya berharap sebagai tuan rumah, ingin memperoleh juara umum. “Target medali emas dan juara umum,” harapnya optimis.

Mengenai persiapan untuk reverensi soal-soal, Hariadi menjawab jika reverensi soal-soal bisa dari pengalaman yang ada di Surabaya tahun lalu di Olympiade Nasional SMP RSBI ke-2.

“Diperkirakan nantinya kurang lebih ada 2.200 peserta dari 345 keseluruhan total  sekolah SMP RSBI, yang hadir nantinya hanya 310 sekolah SMP RSBI. Setiap sekolah akan mengirim satu kepala sekolah, dua guru mata pelajaran, dan empat peserta (siswa) yang ikuti lomba (Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, dan Fisika),” jelas Hariadi.

Ditambahkan, jumlah SMP RSBI se-Jawa Tengah ada 67 sekolah. “Masing-masing sekolah akan mengirim tujuh orang,” ucapnya.
“Lomba Matematika diselenggarakan di SMPN 1 Surakarta, Fisika di SMPN 4 Surakarta, Biologi di SMP Kristen Kalam Kudus, Bahasa Inggris di SMP Al-Islam,” ujar Widodo.

Pendaftaran peserta sebenarnya sudah ditutup kemarin (25/1), tapi masih ada daerah yang belum bisa mengakses dan diberi kelonggaran sampai akhir Januari 2012.  “Sekitar 160 sekolah atau 60% sudah mendaftarkan hingga kini. Ini merupakan ajang tahunan dan event nasional. Tahun pertama di Jakarta, kedua di Surabaya, dan ketiga di Solo nanti. Persiapan 80% sudah ada, event pembukaan nantinya sekolah SD hingga SMA yang RSBI ikut membuka bersama dan dilakukan di The Sunan Hotel,” paparnya.

 



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge